Trending

Akademisi ITB : Langkah Indonesia sudah tepat bangun ekosistem Ev - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta (BERITAJA) - Pakar Otomotif sekaligus akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu mengatakan bahwa langkah Indonesia yang dilakukan saat ini dalam mempercepat ekosistem kendaraan elektrik di Indonesia sudah sangat tepat.

“Penting untuk dicatat bahwa Indonesia sedang bergerak ke petunjuk yang benar,” kata Yannes Martinus Pasaribu kepada BERITAJA, Selasa.

Meski begitu, ujarnya Indonesia tetap menghadapi beragam tantangan untuk menghidupkan ekosistem kendaraan listrik yang mesti sigap diselesaikan dengan langkah konsisten dan juga tepat.

“Jumlah SPKLU tetap terbatas, terutama di luar kota-kota besar. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bakal jarak tempuh dan kesulitan pengisian daya bagi pengguna EV,” ucap dia.

Tantangan yang kedua adalah tidak adanya standarisasi teknologi pengisian daya, yang dapat menyulitkan pengguna EV. Sehingga mereka mesti menyesuaikan jenis pengisi daya dengan kendaraan mereka sendiri.

Tantangan ketiga adalah pemerataan edukasi mengenai kendaraan elektrik ini, terlebih untuk memahami teknologi EV dan langkah penggunaannya, termasuk langkah pengisian daya dan perawatan baterai.

Dengan beragam tantangan yang tetap mesti dibenahi oleh pemerintah Ri dalam membangun ekosistem ini, Yannes menyimpulkan bahwa Indonesia tetap butuh waktu untukmampu betul-betul beranjak ke kendaraan elektrik.

Oleh lantaran itu, pemerintah telah menetapkan sasaran ambisius untuk membangun ribuan SPKLU dalam beberapa tahun ke depan dan memberikan beragam insentif untuk mendorong penggunaan EV.

“Selain itu, semakin banyak perusahaan swasta yang terlibat dalam pengembangan prasarana EV. Jadi, kuncinya speed up dan konsisten,” tutur dia.

Sebagaimana diketahui, ekosistem kendaraan elektrik belakangan ini telah menunjukkan perihal yang positif. Menurut catatan Gaikindo, penjualan mobil listrik pada 2024 tercatat sebanyak 7.745 unit hingga April 2024.


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close