Bawaslu Bali beri porsi sosialisasi lebih bagi disabilitas - BeritAja

Sedang Trending 8 bulan yang lalu
beritaja.com

Mangupura (BERITAJA.COM) - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Bali berkomitmen untuk memberikan porsi sosialisasi Pemilu 2024 nan lebih bagi para penyandang disabilitas di wilayah setempat sehingga mereka bisa maksimal mendapatkan pendidikan politik.

"Sepanjang gelaran pemilu nan telah berjalan, pemilih nan berkebutuhan unik tetap belum mendapat perhatian maksimal, baik secara akses maupun pendidikan politik," kata personil Bawaslu Bali I Wayan Widyardana Putra di Tuban, Mangupura, Kabupaten Badung, Senin.

Widyardana menyampaikan perihal tersebut saat membuka aktivitas Penguatan Pemahaman Kepemiluan kepada Disabilitas dalam Menyongsong Pemilu Tahun 2024.

"Kami mau membalik paradigma dengan memberi porsi sosialisasi lebih banyak kepada penyandang disabilitas," ucapnya.

Sosialisasi mengenai pemahaman kepemiluan ini, lanjut Widyardana, merupakan upaya Bawaslu Bali untuk memastikan semua proses pemilu melangkah sesuai dengan UU.

Utamanya dalam pemenuhan kewenangan disabilitas, baik itu mengenai info maupun akses ketika mau menyalurkan kewenangan pilih dalam Pemilu 2024.

"Kami mau memastikan mereka nan berkebutuhan unik bisa mendapatkan haknya, dengan akomodasi nan memang mempermudah mereka dalam menggunakan kewenangan pilih," ucap Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Bali tersebut.

Widyardana menambahkan, mengenai penyediaan akomodasi nan belum maksimal di tempat pemungutan bunyi (TPS) terjadi lantaran memang lemahnya identifikasi pendataan di tahap penyusunan daftar pemilih.

Untuk itu, Bawaslu berbareng dengan KPU sekarang bakal memberi perhatian lebih mengenai dengan pendataan pemilih nan mempunyai kebutuhan khusus.

"Kami dan KPU sekarang bakal perbaiki data-data mengenai dengan disabilitas, walaupun belum bisa 100 persen. Tetapi kami bakal upayakan untuk mencapai kesempurnaan info tersebut," ujarnya di depan peserta sosialisasi nan berasal dari Gerakan Untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) itu.

Agung Dhiranatta, salah satu peserta sosialisasi mengharapkan tersedianya akses untuk kaum disabilitas bentuk dengan penggunaan bangku roda pada TPS.

Ni Luh Rhismawati

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di Google News




Ikuti Media Sosial Kami
Affiliate: Life Health / Inforia / Blogkoopedia
close