Trending

BNI berikan pembiayaan untuk pengusaha diaspora di Belanda - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
BNI Amsterdam menjadi pendamping utama bagi diaspora, termasuk bagi para pengusaha diaspora yang mau mengembangkan bisnisnya di luar negeri

Jakarta (BERITAJA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk alias BNI memberikan pembiayaan bagi pengusaha diaspora di Amsterdam, Belanda melalui program Diaspora Loan.

Program tersebut merupakan salah satu komitmen BNI memperluas jangkauan upaya yang mengenai Indonesia di Eropa.

“BNI Amsterdam menjadi pendamping utama bagi diaspora, termasuk bagi para pengusaha diaspora yang mau mengembangkan bisnisnya di luar negeri. Salah satu komitmennya adalah dengan aktif menyalurkan Diaspora Loan yang ke depannya bakal terus ditingkatkan,” kata Direktur Human Capital & Compliance BNI Mucharom dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Dia menjelaskan debitur Diaspora Loan BNI di Belanda didominasi oleh upaya kuliner Indonesia, seperti Warung Padang Lapek Jo, Restoran Nona Manis, dan Restoran Lestari. Ketiga restoran tersebut menyajikan hidangan unik Indonesia di Belanda.

Selain memberikan pembiayaan, Diaspora Loan juga diintegrasikan dengan program Xpora. Langkah ini bermaksud untuk mempermudah restoran-restoran tersebut dalam mendapatkan bahan baku dan menu sampingan dari Indonesia.

Salah satu contohnya adalah integrasi dengan mitra Xpora Nesia Food, perusahaan importir beragam bahan makanan dari Indonesia, termasuk produk dari debitur UMKM BNI.

Nesia Food telah menjadi pemasok gula aren, ramuan dapur, sayuran beku, hingga beragam macam kerupuk untuk restoran-restoran debitur BNI.

Mucharom menambahkan BNI membuka kesempatan bagi para diaspora yang mau mengawali alias mengembangkan usahanya di Belanda dengan beberapa persyaratan, ialah mempunyai badan hukum, laporan finansial yang baik selama tiga tahun terakhir, dan tidak terlibat dalam upaya terlarangan di Indonesia maupun Belanda.

“Selain melayani diaspora, BNI Amsterdam juga aktif melayani beragam transaksi perbankan dari perusahaan-perusahaan lokal Belanda dan bagian perusahaan BUMN di Eropa,” tutur dia.

Kehadiran BNI di Belanda merupakan bentuk komitmen BNI dalam mendukung diaspora Indonesia dan memperkuat upaya di Eropa.

BNI berambisi dapat berkontribusi pada kemajuan ekonomi diaspora dan hubungan bilateral antara Indonesia dan Belanda.

Baca juga: Garuda Indonesia perkenalkan produk unik diaspora di Malaysia
Baca juga: Menkominfo ajak diaspora jadi bagian transformasi digital nasional
Baca juga: Sandiaga ajak diaspora Indonesia di Melbourne dukung pariwisata RI


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close