Trending

DJKN Kemenkeu paparkan rencana 13 kegiatan strategis untuk 2025 - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
kami mengusulkan 13 aktivitas strategis yang terdiri dari tujuh aktivitas merupakan aktivitas lanjutan dan enam aktivitas merupakan inisiatif baru

Jakarta (BERITAJA) - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyampaikan rencana kerja tahun depan yang terdiri dari 13 aktivitas strategis dalam rapat berbareng Komisi XI DPR RI di Jakarta, Selasa.

“Pada tahun anggaran 2025, kami mengusulkan 13 aktivitas strategis yang terdiri dari tujuh aktivitas merupakan aktivitas lanjutan dan enam aktivitas merupakan inisiatif baru,” ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman yang mewakili Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Rionald Silaban yang berhalangan hadir.

Luky menyatakan bahwa aktivitas lanjutan tersebut termasuk sinkronisasi kebijakan pengelolaan aset di Jakarta dalam rangka pemindahan ibu kota, sertifikasi Barang Milik Negara (BMN) berupa tanah, serta penyusunan RUU Pengelolaan Kekayaan Negara.

Selain itu, rekomendasi monev kajian akibat sosial ekonomi dari proyek-proyek pemerintah yang dijalankan oleh BUMN, penyusunan daftar komponen penilaian sewa BMN, penyusunan peta tematik BMN, serta monev BMN BUMN/Lembaga program prioritas juga termasuk tujuh aktivitas lanjutan tersebut.

Sementara itu, enam inisiatif baru tersebut, lanjutnya, meliputi pemanfaatan BUMN atas aktivitas upaya yang berakibat krusial pada lingkungan, penguatan potensi fiskal sumber daya alam, rekomendasi pengembangan Sistem Informasi Penilaian Nasional (SIPN+), serta pembangunan Sistem Informasi Hulu Migas (SIHM).

Kemudian, inisiatif baru lainnya adalah pengembangan fitur Berkas Kasus Piutang negara (BKPN) online pada aplikasi SIMPaN dan pengayaan fitur Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN).

Dalam kesempatan tersebut, Badan Layanan Umum (BLU) di bawah DJKN Kemenkeu, ialah Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), turut menyampaikan rencana kerja mereka tahun depan.

Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi menyampaikan bahwa salah satu prioritas kerja pihaknya pada 2025 adalah melakukan kajian skema upaya ranger untuk menyediakan kajian dan partner untuk aset mitra serta menjaga keberlangsungan proses pengadaan tanah untuk jalan tol, sumber daya air, dan pembangunan IKN.

Selain itu, tahun depan pihaknya juga bakal konsentrasi menyusun rekomendasi kebijakan pemanfaatan BMN atas aktivitas upaya yang berakibat krusial pada lingkungan di Kilang Badak, Bontang, Kalimantan Timur, dan Kilang Arun, Lhokseumawe, Aceh.

“Karena jika ada apa-apa terhadap kilang-kilang ini, risikonya sangat besar,” kata Basuki.

DJKN Kemenkeu dan BLU LMAN pun mengusulkan pagu sugestif TA 2025 sejumlah masing-masing Rp674,68 miliar dan Rp163,47 miliar.

Baca juga: DJKN targetkan nilai transaksi lelang pada 2024 capai Rp35 triliun
Baca juga: DJKN: Rp300 triliun asetmampu dioptimalkan usai kepindahan ke IKN
Baca juga: Kemenkeu bakal lelang lagi aset Tommy Soeharto pada tahun ini


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close