Trending

DPR RI: Idul Adha mempererat tali silaturahmi antar agama di Kalteng - Beritaja

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
"Kegiatan Idul Adha melangkah dengan baik dan khidmat di Kalteng. Momentum ini tidak hanya menjadi seremoni keagamaan bagi umat muslim, tetapi juga memperkuat persatuan dan kebersamaan antar umat berakidah di wilayah kita,"

Palangka Raya (BERITAJA) - Anggota DPR RI wilayah pemilihan (dapil) Kalimantan Tengah (Kalteng), Agustiar Sabran, menegaskan bahwa seremoni Idul Adha 1445 tahun ini telah sukses mempererat tali silaturahmi antar umat berakidah di wilayah tersebut.

Agustiar Sabran mengatakan bahwa tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama penyelenggaraan aktivitas Idul Adha berjalan di Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila julukan provinsi yang mempunyai luas dua kali dari Pulau Jawa itu.

"Kegiatan Idul Adha melangkah dengan baik dan khidmat di Kalteng. Momentum ini tidak hanya menjadi seremoni keagamaan bagi umat muslim, tetapi juga memperkuat persatuan dan kebersamaan antar umat berakidah di wilayah kita," kata Agustiar Sabran keapada di Palangka Raya, Senin.

Menurutnya, keberlangsungan aktivitas Idul Adha yang kondusif dan lancar merupakan hasil dari kerja sama dan koordinasi yang baik antara pemerintah, kepolisian, tokoh kepercayaan dan masyarakat setempat.

Hal ini juga mencerminkan semangat toleransi dan harmoni antar umat berakidah yang menjadi karakter unik masyarakat Kalteng.

"Kami berterima kasih lantaran penyelenggaraan Idul Adha di sini dapat melangkah dengan tertib dan damai. Ini menunjukkan bahwa di tengah perbedaan keyakinan, kita dapat hidup berdampingan dengan rukun dan saling menghormati," ucapnya.

Kakak kandung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran itu juga mengimbau, seluruh masyarakat untuk terus memelihara semangat kebersamaan dan toleransi ini, tidak hanya pada momen-momen keagamaan tetapi juga sepanjang tahun dalam menjaga kedamaian dan kemajuan bersama.

Dengan berakhirnya seremoni Idul Adha yang berjalan damai, Agustiar Sabran juga optimis bahwa semangat persatuan ini bakal terus terjaga dan menjadi fondasi kuat bagi kemajuan provinsi yang kaya bakal Sumber Daya Alam (SDA) tersebut.

"Masyarakat kita sudah sangat cerdas, mana baik dan mana yang buruk. Bahkan mana yang merugikan wilayah n mana yang menguntungkan wilayah juga mereka sudah ketahui, apalagi dengan teknologi digital yang terus berkembang di wilayah kita," ujar Agustiar Sabran yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng itu.

Adi Wibowo
Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close