Trends

HIMKI targetkan transaksi 250 juta dolar AS pada pameran IFEX - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com
Discover Millions of Products

Jakarta (BERITAJA.COM) - Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) menargetkan total transaksi perdagangan mencapai 250 juta dolar AS pada pameran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2023 di Jakarta, pada 9 - 12 Maret 2023.

"Transaksi on the spot kita targetkan 250 juta dolar AS, tetapi sasaran perdagangan setelah pameran ini lebih dari jumlah tersebut," kata Ketua Presidium HIMKI Abdul Sobur dalam konvensi pers IFEX di Jakarta, Kamis.

Abdul menyampaikan, selain perdagangan langsung dalam aktivitas pameran IFEX, biasanya ada transaksi lanjutan antara produsen dengan para pembeli.

Hal tersebut terjadi lantaran pembeli kembali memesan produk dengan jumlah nan lebih banyak, alias nan sebelumnya tetap ragu kemudian akhirnya memutuskan untuk membeli produk mebel dan kerajinan.

Ia menyebut, nilai transaksi setelah pameran IFEX diperkirakan mencapai 750 juta dolar AS, sehingga total transaksinya sebanyak 1 miliar dolar AS alias sekitar Rp 15 triliun.

"Setelah pameran kita follow up, targetnya 750 juta dolar AS. Ini kontribusi nan cukup besar dalam perdagangan," ujarnya.

Suasana pameran IFEX 2023 di Jakarta, Kamis (9/3/2023). (BERITAJA.COM/Adimas Raditya)

Lebih lanjut Abdul menyampaikan bahwa capaian ekspor tahun 2022 nan lampau mencapai 3,5 miliar dolar AS.

Pada akhir tahun 2024 mendatang, pihaknya menargetkan dapat melakukan transaksi ekspor mencapai 5 miliar dolar AS.

Ia mengaku tetap optimistis bahwa industri ini bakal terus mengalami pertumbuhan meskipun kondisi saat ini kurang menguntungkan.

Sejalan dengan pemulihan ekonomi di pasar utama ialah Amerika Serikat dan Eropa, HIMKI juga terus menjajaki pasar-pasar baru seperti India, Timur Tengah dan lain-lain.

"Karena Amerika dan Eropa ini terakibat dari kondisi geopolitik, khususnya perang. Oleh lantaran itu nan strategis saat ini ekspor ke India dan Timur Tengah," katanya.

Ia menambahkan, penguasaan kreasi dan teknologi produksi sangat membantu pertumbuhan sasaran ekspor industri padat karya ini.

Beberapa negara besar seperti Italia dan beberapa negara eksportir besar furnitur tingkat bumi memprioritaskan kedua perihal tersebut.

Berita lain dengan Judul: BRIN kembangkan bambu komposit untuk furnitur dan komponen bangunan

Berita lain dengan Judul: KJRI Chicago beri penghargaan bagi importir furnitur Indonesia di AS

Berita lain dengan Judul: Kemenperin optimistis pemulihan shopping dukung penjualan furnitur

Adimas Raditya Fahky P

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023



Kategori:



Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close