Hujan deras, empat desa di Kabupaten Bima diterjang banjir - BeritAja

Sedang Trending 9 bulan yang lalu
beritaja.com

Empat desa nan diterjang banjir ialah Desa Kuta di Kecamatan Lambitu, Desa Taloko di Kecamatan Sanggar, Desa Pesa, dan Desa Maria di Kecamatan Wawo

Mataram (BERITAJA.COM) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), mencatat empat desa di wilayah setempat diterjang banjir setelah wilayah setempat diguyur hujan lebat.

"Empat desa nan diterjang banjir ialah Desa Kuta di Kecamatan Lambitu, Desa Taloko di Kecamatan Sanggar, Desa Pesa, dan Desa Maria di Kecamatan Wawo," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima Isyra dalam keterangan resminya di Mataram, Senin.

Ia mengatakan banjir bandang nan menerjang rumahnya penduduk tersebut diakibatkan tingginya curah hujan nan mengguyur wilayah setempat, sehingga aliran air sungai di Desa Kuta tidak bisa menampung debit air dan meluap di ruas jalan raya setinggi kaki orang dewasa.

"Dalam peristiwa banjir tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun banyak material ruas jalan Desa Kuta nan mengakibatkan arus lampau lintas terganggu," katanya.

Berita lain dengan Judul: Tujuh kelurahan di Kota Bima diterjang banjir

Sementara itu akibat banjir di Kecamatan Wawo menyebabkan satu rumah panggung milik Sukrin di Desa Pesa hanyut dibawa banjir dan 10 rumah tergenang banjir setinggi dengkul orang dewasa dan kerusakan talud sungai. Selain itu, banjir di Kecamatan Sanggar merendam puluhan hektare tanaman padi milik warga.

"Jumlah rumah nan terakibat 14 unit dan akomodasi umum seperti Kantor KUA, instansi pos dan Rumah Dinas Camat Wawo tergenang banjir," katanya.

Ia mengatakan penyebab terjadinya banjir itu juga, lantaran terjadinya penyempitan sungai di bagian hilir, sehingga air meluap ke pemukiman penduduk di bantaran dan areal pertanian. Setelah menerima info kejadian pihaknya langsung melakukan penanganan darurat musibah terhadap wilayah terakibat.

"Kondisi air telah mulai surut," katanya.

Berita lain dengan Judul: Pemkot Bima salurkan support makanan untuk penduduk terakibat banjir
Berita lain dengan Judul: PLN Bima pulihkan pasokan listrik ke semua wilayah terakibat banjir



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di Google News




Ikuti Media Sosial Kami
Affiliate: Life Health / Inforia / Blogkoopedia
close