Trending

Indonesia-Nigeria sepakat tingkatkan kerja sama perdagangan lewat PTA - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
kami berambisimampu melakukan kerja sama PTA dengan Nigeria yang condong lebih mudah dirundingkan sebelum sampai ke pembahasan tahap kerja sama bilateral yang lebih luas

Jakarta (BERITAJA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menjajaki kesempatan meningkatkan kerja sama perdagangan dengan Nigeria melalui skema perjanjian kerja sama penurunan tarif (PTA).

Dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Perindustrian, Perdagangan, dan Investasi Republik Federasi Nigeria, Doris Nkiruka Uzoka-Anite pada Senin (10/6) di Istanbul, Turki, Zulkifli menyebutkan, kerja sama antara Indonesia dan Nigeria dapat terus ditingkatkan, terlebih dalam lima tahun terakhir mengalami tren peningkatan sekitar 30 persen.

"Tentunya nilai ini masihmampu terus ditingkatkan. Untuk itu, kami berambisimampu melakukan kerja sama PTA dengan Nigeria yang condong lebih mudah dirundingkan sebelum sampai ke pembahasan tahap kerja sama bilateral yang lebih luas," ujar Zulkifli melalui keterangan di Jakarta, Selasa.

Zulkifli menjelaskan, Indonesia merupakan mitra yang potensial bagi Nigeria. Ekonomi Indonesia selama ini tumbuh di atas 5 persen, inflasi terjaga di bawah 3 persen, dan produk domestik bruto (PDB) sebesar 1,4 triliun dolar AS.

Presiden terpilih telah menargetkan pertumbuhan ekonomi meningkat menjadi 7-8 persen. Untuk itu, krusial bagi Indonesia meningkatkan perdagangan dengan mitra strategis termasuk Nigeria.

Lebih lanjut, Indonesia mempunyai beberapa perjanjian bilateral dengan beberapa negara seperti Chile dan Uni Emirat Arab. Zulkifli meyakini kerja sama dengan Nigeria juga bakal meningkatkan perdagangan bilateral secara signifikan.

"Selain itu, saya mengundang pengusaha Nigeria agar dapat menghubungi Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) di Nigeria untuk dapat memfasilitasi dan memberikan info tentang kesempatan upaya dengan bumi upaya di Indonesia," katanya.

Menteri Uzoka-Anite menyambut baik usulan Mendag Zulkifli mengenai kerja sama PTA antara Indonesia dan Nigeria. Menurutnya, beberapa sektor yang nilai perdagangannya berpotensi untuk ditingkatkan antara lain pertambangan, otomotif, dan tekstil.

Pihak Nigeria juga menerima inisiatif Mendag yang berencana membujuk Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk melakukan penjajakan upaya (business matching) ke Nigeria dalam waktu dekat.

Adapun beberapa mitra krusial di Nigeria adalah perusahaan dari Indonesia, seperti Indofood di bagian makanan, dan Kalbe Farma di bagian kesehatan. Indofood apalagi menjadi eksportir makanan terbesar dari Nigeria dan pasar ekspornya telah menjangkau Uni Eropa.

Total perdagangan Indonesia-Nigeria periode Januari-April 2024 sebesar 942,3 juta dolar AS. Nilai ekspor Indonesia ke Nigeria 156,5 juta dolar AS, sedangkan impor Indonesia dari Nigeria 785,8 juta dolar AS.

Sementara itu, pada 2023 total perdagangan Indonesia dengan Nigeria sebesar 4,4 miliar dolar AS. Ekspor Indonesia ke Nigeria pada 2023 tercatat sebesar 498,3 juta dolar AS dan impor Indonesia dari Nigeria 3,9 miliar dolar AS. Terdapat tren peningkatan total perdagangan dalam lima tahun terakhir (2019-2023) hingga 30,5 persen.

Baca juga: Mendag buka kesempatan perdagangan sektor alutsista dengan Turki
Baca juga: Kementerian Perdagangan kenalkan makanan-minuman Indonesia di Shanghai
Baca juga: Wamendag: RI lancarkan masuknya bahan baku untuk perkuat perdagangan


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close