Trending

KKP edukasi anak-anak untuk menjaga keberlanjutan ekosistem laut - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
Kegiatan edukasi dan literasi ini kami lakukan dalam rangka memperluas cakupan sasaran KKP dalam membujuk masyarakat menjaga ekosistem perairan Indonesia

Jakarta (BERITAJA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan mengedukasi masyarakat untuk menjaga keberlanjutan ekosistem laut salah satunya dengan mengedukasi anak-anak di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kolong Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.
 

“Kegiatan edukasi dan literasi ini kami lakukan dalam rangka memperluas cakupan sasaran KKP dalam membujuk masyarakat menjaga ekosistem perairan Indonesia. Kali ini KKP mengedukasi anak-anak TBM Kolong Ciputat dengan langkah yang menarik dan ringan sehingga mudah dipahami oleh anak-anak,” ujar Sekretaris Jenderal KKP Rudy Heriyanto Adi Nugroho di Jakarta, Selasa.
 

Adapun ragam aktivitas yang dilakukan adalah ⁠storygami (storytelling dan origami) dongeng Cinta Laut, ⁠⁠pengenalan biota laut dilindungi menggunakan permainan edukatif berupa stiker bertemakan bumi bawah laut, serta lomba mewarnai biota laut dengan dua kategori ialah usia 5-9 tahun dan 10-15 tahun.

Selain itu, dalam aktivitas yang menargetkan 60 peserta ini juga diberikan secara cuma-cuma kitab referensi anak serta perangkat tulis yangmampu menunjang aktivitas belajar dan mengajar TBM Kolong.

“Selain memberikan edukasi serta literasi kepada anak-anak TBM Kolong, kami juga berupaya mendukung kebutuhan belajar mengajar di sini dengan memberikan support berupa kitab referensi anak, perangkat tulis dan perangkat kerja berupa printer," tambah Rudy.
 

Sebagai informasi, tema Hari Laut Sedunia 2024 adalah "Mengkatalisasi Aksi untuk Laut dan Iklim Kita" (Catalyzing Action for Our Ocean & Climate), ialah mendorong kerjasama transformatif yang bermaksud untuk menciptakan tidak hanya planet biru yang sehat, namun juga masyarakat yang lebih adil, setara, dan berkelanjutan.

Pada World Ocean Day 2024 kali ini, selain literasi dan edukasi mengenai sektor kelautan dan perikanan, beragam aktivitas lainnya dilakukan guna memperingati WOD oleh unit kerja KKP di seluruh Indonesia, seperti Bincang Bahari, Podcast Segara, kampanye media sosial, aktivitas bersih pantai dan laut di wilayah kerja masing-masing, hingga pengpetunjukan teknis mengenai transplantasi terumbu karang dan pembibitan mangrove untuk penduduk lokal daerah.

Gerakan tersebut sejalan dengan visi Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono yang terus menggaungkan keberlanjutan ekologi laut dan membujuk masyarakat lebih sadar menjaga laut Indonesia sebagai laman depan rumah kita yang penuh sumber penghidupan.


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close