Trending

KPPN Barabai Gelar "Treasury Goes To School" di MAN 2 HST - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Barabai (BERITAJA.COM) - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Barabai menggelar “Treasury Goes To School” dengan mengunjungi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Hulu Sungai Tengah (HST) dalam rangka memberikan edukasi ke masyarakat tentang pentingnya pengelolaan APBN nan bersih dan akuntabel.

"Kegiatan Treasury Goes To School ini berupa pemaparan mengenai Keuangan dan Perbendaharaan Negara nan disertai dengan obrolan interaktif nan diikuti oleh siswa-siswi kelas 12," kata Kepala KPPN Barabai Darius Tarigan di Barabai, Sabtu.

Ia menyampaikan bahwa generasi muda perlu mempunyai kepedulian terhadap bangsa dan negara, salah satunya terhadap pengelolaan negara secara bersih dan profesional, termasuk pengelolaan finansial dan perbendaharaan negara.

"Dalam aktivitas ini, pemateri nan berasal dari pegawai milenial KPPN Barabai nan menjelaskan mengenai konsep finansial negara dan gimana penyelenggaraan APBN dilakukan dengan mengambil contoh-contoh keseharian nan mudah dipahami," katanya.

Dikatakan Darius, Pelaksanaan APBN perlu dilakukan secara cermat, dengan memperhatikan prioritas atas beragam pilihan nan tersedia, dengan tujuan akhir untuk mencapai tujuan bernegara sebagaimana tersebut dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Setelah pengenalan mengenai APBN, pegawai KPPN Barabai juga menyampaikan info mengenai sekolah kedinasan nan berada di bawah Kementerian Keuangan, ialah PKN STAN.

Informasi mengenai PKN STAN ini ditambahkan Darius diharapkan dapat memberikan ekspansi wawasan kepada siswa kelas 12 MAN 2 Hulu Sungai Tengah bahwa setelah lulus dari sekolah tingkat menengah atas, siswa mempunyai beragam pengganti untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi, salah satunya adalah melalui PKN STAN.

Treasury Goes To School dijelaskan Darius merupakan salah satu program edukasi pada Direktorat Jenderal Perbendaharaan untuk lebih mengenalkan mengenai pengelolaan APBN kepada masyarakat luas, terutama generasi muda.

Selain itu, aktivitas ini juga untuk mengenalkan secara umum mengenai peran pemerintah, dalam perihal ini KPPN Barabai, dalam penyaluran biaya APBN kepada masyarakat. 

"Di akhir acara, kami juga melakukan permainan berupa pandai jeli sederhana nan diikuti oleh siswa dengan pertanyaan seputar APBN dan finansial negara," katanya.

Kepala MAN 2 HST H Ahmad Muaz mengpenghargaan inisiatif KPPN Barabai untuk menyelenggarakan aktivitas Treasury Goes To School.

Beliau juga menyampaikan info kepada para siswa kelas 12 bahwa APBN berkedudukan krusial dalam penyelenggaraan aktivitas di MAN 2 HST dan bahwa penyaluran APBN kepada MAN 2 HST dilakukan melalui KPPN Barabai.







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close