Trending

Laki-laki lebih berisiko mengalami komplikasi diabetes - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta (BERITAJA) - Hasil penelitian menunjukkan bahwa laki-laki mempunyai akibat lebih tinggi mengalami komplikasi glukosuria dibandingkan dengan perempuan, terlepas dari lama glukosuria jenis satu alias jenis dua yang mereka alami.

Menurut hasil studi yang dipublikasikan di Journal of Epidemiology & Community Health, komplikasi utama seperti penyakit kardiovaskular; komplikasi pada kaki dan ginjal; dan retinopati diabetik yang mempengaruhi penglihatan semuanya lebih tinggi pada laki-laki, terlepas dari apakah mereka menderita glukosuria selama lebih alias kurang dari sepuluh tahun.

Sebagaimana dikutip oleh Medical Daily pada Jumat (17/5), temuan tersebut didasarkan pada survei respons dari 267.357 orang dalam studi prospektif besar di Australia yang disebut The 45 and Up Study.

Dari total peserta survei yang semua berumur di atas 45 tahun, sebanyak 25.713 orang mengalami glukosuria jenis satu alias jenis dua.

Mereka kemudian diikuti menggunakan info rekam medis untuk memantau perkembangan masalah kesehatan yang mengenai dengan diabetes.

Masalah kesehatan yang dipertimbangkan dalam studi meliputi penyakit kardiovaskular (penyakit jantung iskemik, stroke, kandas jantung, dan kardiomiopati diabetik), masalah mata (katarak dan retinopati diabetik), masalah kaki (kerusakan saraf, neuropati perifer, luka, selulitis, peradangan tulang, sirkulasi dpetunjuk buruk, dan amputasi), serta masalah ginjal (gagal ginjal akut, penyakit ginjal kronis, kandas ginjal kronis, dialisis, dan transplantasi ginjal).

Baca juga: Kendalikan gula dpetunjuk untuk hindari komplikasi diabetes

Dari seluruh pasien glukosuria dalam studi, sebanyak 58 persen mengalami diabetes selama kurang dari sepuluh tahun dan 42 persen mengalaminya selama lebih dari satu dekade.

Hasil kajian menunjukkan bahwa laki-laki secara umum mempunyai tingkat dan akibat komplikasi yang lebih tinggi mengenai dengan diabetes.

Siaran pers hasil penelitian menyebutkan, selama periode pemantauan rata-rata sepuluh tahun dan setelah mempertimbangkan usia, 44 persen laki-laki mengalami komplikasi penyakit kardiovaskular dan 57 persen mengalami komplikasi mata.

Pasien glukosuria laki-laki yang mengalami komplikasi pada kaki sebanyak 25 persen dan yang mengalami komplikasi ginjal sebanyak 35 persen.

Sedangkan pasien wanita yang mengalami komplikasi penyakit kardiovaskular, komplikasi mata, komplikasi kaki, dan komplikasi ginjal berturut-turut 31 persen, 61 persen, 18 persen, dan 25 persen.

Baca juga: Cegah komplikasi berat glukosuria pada anak dengan penemuan dini

Secara keseluruhan, laki-laki 51 persen lebih mungkin mengalami penyakit kardiovaskular, 47 persen lebih mungkin mengalami komplikasi kaki, dan 55 persen lebih mungkin mengalami komplikasi ginjal jika dibandingkan dengan perempuan.

Peneliti mencatat, seiring dengan bertambahnya jumlah tahun hidup dengan diabetes, tingkat komplikasi juga meningkat pada laki-laki maupun perempuan.

Namun, laki-laki tetap mempunyai tingkat komplikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan.

Perbedaan dalam tingkat komplikasi antara laki-laki dan wanita tetap ada terlepas dari berapa lama mereka telah hidup dengan diabetes.

"Walaupun laki-laki dengan glukosuria mempunyai akibat lebih besar untuk mengalami komplikasi, terutama (penyakit kardiovaskular), komplikasi ginjal dan personil tubuh bagian bawah, tingkat komplikasinya tinggi pada kedua jenis kelamin," kata para peneliti.

Baca juga: Pekerja shift malam rentan kena glukosuria dan obesitas
Baca juga: Waspadai retinopati diabetik jika glukosuria tak dikelola dengan baik

: Putri Hanifa
Editor: Mahfud Maryati
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close