Trending

Masalah Haji Terus Berulang, Timwas Haji DPR Usulkan Penbentukan Pansus - Beritaja

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Tim Pengawas alias Timwas Haji DPR RI bakal segera membentuk panitia unik (Pansus) haji setelah kembali dari Mekkah dan Madinah. Langkah ini diambil setelah ditemukan banyak masalah yang terus berulang dalam penyelenggaraan haji setiap tahunnya.

Anggota Timwas Haji DPR RI, Selly Andriany Gantina, menyampaikan bahwa hasil pemantauan dan pengawasan di lapangan menunjukkan sejumlah hambatan yang dihadapi jemaah haji Indonesia. Masalah-masalah tersebut ditemukan di beragam prosesi haji, khususnya di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

"Setiap tahun masalah yang sama terus berulang. Kami menemukan banyak hambatan dalam prosesi haji di Armuzna. Oleh lantaran itu, Pansus Haji mesti segera dibentuk setelah kami kembali," kata Selly di sela-sela pemantauan Timwas Haji DPR RI di Mina, Minggu malam waktu Arab Saudi (16/06/2024).

Selly menjelaskan bahwa Pansus Haji tidak hanya bakal mengevaluasi penyelenggaraan haji yang dilakukan oleh Kementerian Agama, tetapi juga oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Menurutnya, BPKH memegang tanggung jawab besar mengenai pengelolaan biaya jemaah haji.

"Pansus ini sangat krusial untuk segera dibentuk lantaran masalah ini terus berulang setiap tahun, terutama oleh pemerintah, khususnya Kementerian Agama. Selain itu, pihak mengenai seperti BPKH juga mesti dievaluasi lantaran mereka bertanggung jawab terhadap pengelolaan finansial jemaah. Transparansi sangat diperlukan agar jemaah mengetahui status biaya mereka," tambahnya.

Dalam pemantauan di Mina, Timwas Haji DPR RI menemukan beberapa masalah serius dalam pelayanan jemaah haji Indonesia. Selly mencontohkan, banyak tenda yang penuh sesak lantaran melampaui kapasitas, pendingin ruangan yang tidak berfungsi, konsumsi jemaah yang tidak sesuai, serta kurangnya akomodasi bilik mandi.

"Pelayanan yang tidak maksimal ini sangat merugikan jemaah. Kita memandang banyak tenda yang penuh sesak, pendingin ruangan yang tidak berfungsi, makanan yang tidak sesuai, dan bilik mandi yang jauh dari mencukupi," ungkapnya.

Pembentukan Pansus Haji diharapkan dapat memberikan solusi konkret dan perbaikan menyeluruh terhadap beragam masalah yang dihadapi jemaah haji Indonesia setiap tahunnya. Dengan demikian, penyelenggaraan ibadah haji di masa mendatang dapat melangkah lebih baik dan lancar.


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close