Trending

Menkominfo ajak pemuda manfaatkan program latih keterampilan digital - Beritaja

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta (BERITAJA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi membujuk para pemuda Indonesia untukmampu memanfaatkan program training keahlian digital yang dihadirkan Pemerintah sehingga dapat menjadi talenta digital yang mumpuni.

Kementerian Kominfo mempunyai beragam program training keahlian digital yang tersedia untuk masyarakat umum mulai dari tingkat dasar hingga ke tingkat pimpinan.

"Saya mengundang para calon wisudawan dan wisudawati (generasi muda) sekalian, untuk memanfaatkan beragam program tersebut," kata Budi dalam keterangannya, Senin.

Baca juga: Menkominfo ingatkan pentingnya keahlian digital untuk masa depan

Ajakan tersebut turut disampaikan Menkominfo Budi Arie dalam aktivitas wisuda ke-X Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) pada akhir pekan lalu. 

Menurutnya keahlian digital diperlukan oleh masyarakat di era perkembangan industri 4.0 lantaran menjadi keahlian yang paling diminati saat ini di dunia.

"Keterampilan digital menduduki ranking ketiga sebagai salah satu jenis keahlian yang paling diminati di dunia. Sebanyak 65 persen pekerjaan mengharuskan para pekerja untuk mempunyai keahlian di bagian AI," katanya.

Baca juga: Menkominfo ajak pelaku upaya manfaatkan AI untuk tingkatkan usahanya

Maka dari itu, pemerintah Indonesia tak mau ketinggalan laju pembuatan talenta digital dan mulai memasifkan pencetakan talenta digital untuk beragam lapisan masyarakat.

Budi menjelaskan untuk training keahlian digital di tingkat dasar, Kementerian Kominfo melaksanakan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) untuk meningkatkan kecakapan digital masyarakat, dan pemanfaatan ruang digital yang produktif.

Lalu di tingkat lanjutan, Kementerian Kominfo menghadirkan Digital Talent Scholarship (DTS).

Baca juga: Kemenkominfo jangkau 24 juta talenta digital lewat GNLD dan DTS

Pelatihan skill teknologi digital yang dilatih lewat DTS termasuk skill yang saat ini mulai dicari dan digunakan di industri seperti Cyber Security, Artificial Intelligence, Cloud Computing, Big Data Analytics, dan Digital Marketing.

Pada tingkat pimpinan, Kementerian Kominfo menyediakan Digital Leadership Academy (DLA).

Pelatihan ini mengajarkan kepemimpinan digital kepada para C-Level, pimpinan, dan pengambil kebijakan dari sektor privat maupun publik.

Baca juga: KSP buka kerja sama swasta penuhi 9 juta talenta digital hingga 2030

Kementerian Kominfo juga menyediakan Program Beasiswa S2 bekerja sama dengan kampus ternama baik di dalam maupun luar negeri sehingga pembuatan talenta digitalmampu lebih optimal di beragam lapisan masyarakat.

"Dengan tema-tema mengenai transformasi digital. Beasiswa ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum yang mempunyai latar belakang pekerjaan di sektor digital alias pelaku start-up lokal," kata Budi.

Baca juga: RI jajaki kerja sama dengan Jepang untuk kejar 9 juta talenta digital

Baca juga: Peserta PKN II diminta jadi pembuat penemuan manfaatkan teknologi


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close