Trending

OJK Cirebon: Pembiayaan LKM Syariah naik 3,51 persen hingga Maret 2024 - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
Pembiayaan yang disalurkan oleh LKM Syariah di Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) realisasinya sudah cukup positif

Cirebon (BERITAJA) -

Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon, Jawa Barat, mencatat pembiayaan yang disalurkan oleh Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Syariah di wilayahnya mencapai Rp18,37 miliar alias naik 3,51 persen dari Januari hingga Maret 2024.
 

“Pembiayaan yang disalurkan oleh LKM Syariah di Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) realisasinya sudah cukup positif,” kata Kepala OJK Cirebon Agus Muntholib di Cirebon, Jumat.
 

Ia menjelaskan berasas laporan yang diterima, pada periode tersebut Dana Pihak Ketiga (DPK) di LKM Syariah kondisinya terpantau cukup baik dengan realisasi sebesar Rp21,02 miliar.
 

Pada parameter aset LKM Syariah, kata dia, juga tercatat dengan hasil relatif terjaga ialah sebesar Rp34,83 miliar.
 

Agus mengemukakan untuk penyaluran pinjaman yang dilakukan LKM di Ciayumajakuning capaiannya sudah sebesar Rp20,49 miliar, dengan DPK sekitar Rp12,99 miliar dan nilai asetnya Rp22,23 miliar.
 

“Secara keseluruhan keahlian dari delapan LKM dan LKM Syariah di Ciayumajakuning, sudah baik. Namun terjadi penurunan pada beberapa parameter secara year to date alias hingga Maret 2024,” ujarnya.
 

Selain LKM dan LKM Syariah, OJK Cirebon pun melakukan pengawasan terhadap keahlian dari dua perusahaan pegadaian maupun gadai swasta di wilayah kerjanya.
 

Agus menuturkan pada penyaluran pinjaman yang sudah disalurkan oleh dua lembaga itu, nilainya sudah sebesar Rp1,05 miliar.
 

Lebih lanjut, dia mengatakan OJK Cirebon terus bersinergi dan bekerja-sama dengan seluruh pihak mengenai untuk membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

"Tujuannya untuk mewujudkan pemerataan kesejahteraan melalui inklusi finansial di Ciayumajakuning," kata dia.
 

Adapun langkah percepatan akses finansial yang telah diimplementasikan sampai dengan Maret 2024, contohnya seperti program Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir (K/PMR).
 

Dana pada program itu, tambah dia, disalurkan oleh empat Bank Perekonomian Rakyat (BPR) di Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka serta Kabupaten Kuningan.
 


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close