Trending

OJK harap "roadmap" dana pensiun dorong publik persiapkan masa pensiun - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
Peta jalan ini diharapkan membantu pemerintah untuk meningkatkan awareness masyarakat dalam mempersiapkan masa pensiun.

Jakarta (BERITAJA) - Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun (PPDP) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ogi Prastomiyono berambisi roadmap atau peta jalan pengembangan biaya pensiun nantinya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mempersiapkan masa pensiun mereka.

“Peta jalan ini diharapkan dapat membantu upaya pemerintah untuk meningkatkan awareness masyarakat dalam mempersiapkan masa pensiun,” kata Ogi Prastomiyono, di Jakarta, Selasa.

Ia menuturkan bahwa roadmap tersebut bakal berkedudukan sebagai referensi dalam mengembangkan cakupan industri biaya pensiun, baik yang berkarakter wajib yang maupun sukarela, serta meningkatkan tata kelola dan manajemen akibat para penyedia jasa asuransi dalam mengelola kewajiban.

Pihaknya juga berambisi bahwa peta jalan tersebut dapat memperkuat pengelolaan investasi dan sumber daya manusia (SDM) dalam industri biaya pensiun.

“(Diharapkan roadmap tersebut, Red) dapat membantu pengelolaan biaya secara optimal dan mengedepankan prinsip kehati-hatian, sehingga dapat meningkatkan porsi biaya masyarakat dalam mempersiapkan masa pensiun yang lebih sejahtera,” ujar Ogi.

Dalam pernyataannya mengenai Hasil Rapat Dewan Komisioner (RDK) OJK bulan lampau yang dirilis pada 14 Mei 2024, dia menyampaikan bahwa peta jalan tersebut sedang dalam tahap penyelesaian agar dapat segera diluncurkan tahun ini.

“Poin krusial dalam roadmap ini adalah gimana sinergi pada ekosistem program pensiun di Indonesia baik program pensiun wajib maupun program pensiun sukarela dalam rangka mempersiapkan kesejahteraan masyarakat setelah melewati usia produktif tetap tetap terjaga,” ujar Ogi pula.
Baca juga: OJK: Peta jalan penguatan biaya pensiun dukung pengharmonisan sistem
Baca juga: OJK beri 125 hukuman untuk pelaku jasa finansial PPDP pada April 2024


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close