Trending

Omdia: Permintaan layar OLED untuk tablet PC akan meningkat hingga 35 juta unit selambatnya tahun 2031 - Beritaja

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

London, (BERITAJA)- Menurut penelitian baru oleh Omdia, pengiriman layar OLED untuk PC tablet diperkirakan bakal meningkat hingga 35,0 juta unit selambatnya tahun 2031. Khususnya, pangsa pengiriman OLED hibrida untuk PC tablet diperkirakan bakal melonjak tajam hingga 85,1% dalam jangka waktu tersebut.

Pasar layar OLED diperkirakan bakal kembali meningkat mulai tahun 2024, terutama didorong oleh permintaan seri iPad Pro Apple. Mulai Februari 2024, LG Display dan Samsung Display memasok panel OLED mereka untuk seri Apple iPad Pro (11 inci dan 13 inci), yang telah diluncurkan pada kuartal kedua tahun 2024.

"Apple menggunakan OLED hibrida untuk seri iPad Pro dengan karakter unik substrat kaca dan  terbungkus movie tipis," kata Jerry Kang, Manajer Riset di praktik penelitian Layar Omdia. "Kelebihan OLED hibrid adalah tingkat hasil yang lebih stabil dan biaya produksi lebih rendah dibandingkan OLED elastis yang digunakan untuk memproduksi layar ukuran besar. Pada dasarnya, OLED hibrida lebih tipis dan lebih ringan dibanding OLED kaku, sehingga ruangnya lebih luas untuk komponen elektronik lain dan baterai perangkat."

Dalam sepuluh tahun terakhir, nyaris semua layar OLED untuk PC tablet diproduksi dengan menggunakan teknologi stack OLED tunggal RGB dan OLED kaku, mirip layar OLED ponsel cerdas. Namun, Apple telah menggunakan OLED elastis untuk seri iPhone sejak tahun 2017. Hasilnya, Apple tampaknya meningkatkan performa layar OLED untuk seri iPad dengan struktur OLED yang inovatif.

"Apple juga menggunakan stack OLED tandem RGB untuk seri iPad Pro yang menampilkan dua lapisan masing-masing bahan pemancar OLED R/G/B," kata Kang. "Manfaat stack OLED tandem RGB adalah menghasilkan kira-kira dua kali lipat kecerahan dan empat kali lipat masa pakai menurut teori, dibandingkan stack OLED tunggal RGB. Meskipun stack OLED tandem RGB telah diterapkan pada OLED otomotif sejak tahun 2018, penggunaannya diperkirakan meningkat tajam lantaran kesempatan ini."

Omdia memperkirakan bahwa struktur OLED hibrida dan stack OLED tandem RGB untuk iPad Pro bakal membawa perubahan pada merek perangkat dan pemasok panel lainnya. Sehingga bakal menyebabkan munculnya beragam perpaduan teknologi di layar OLED. Akibatnya, perkembangan ini bakal mendorong persaingan di pasar layar OLED dalam sepuluh tahun berikutnya.

TENTANG OMDIA:

Omdia adalah bagian dari Informa Tech dan merupakan golongan penelitian dan penasihat teknologi. Pengetahuan kami yang mendalam tentang pasar teknologi beserta wawasan kami yang dapat ditindaklanjuti memampukan beragam perusahaan membikin keputusan yang pandai tentang pertumbuhan.


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close