Ormas Harimau Kalimantan Bersatu kawal suksesnya Pemilu dan IKN - BeritAja

Sedang Trending 8 bulan yang lalu
beritaja.com

Banjarmasin (BERITAJA.COM) - Ormas Harimau Kalimantan Bersatu, kumpulan aktivis 98 Provinsi Kalimantan Selatan berkomitmen mengawal suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 dan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Ada empat poin sikap kami membentuk organisasi masyarakat ini, diantaranya mengawal suksesnya Pemilu 2024 dan mengawal perpindahan IKN," ujar Ketua Umum DPP Ormas Harimau Kalimantan Bersatu Sumarko dalam deklarasi Ormasnya tersebut di Banjarmasin, Sabtu.

Dia pun menyampaikan, Harimau Kalimantan Bersatu alias disingkat HaKa untuk Pemilu 2024, yakni, baik legislatif maupun pemilihan kepala wilayah dan presiden, agar melangkah lancar dan damai.

"Advokasi terhadap kecurangan Pemilu serta meningkatkan partisipatif masyarakat sehingga minim Golput," tuturnya.

Bagaimanapun, ucap dia, Pemilu 2024 kudu melangkah dengan lancar dan tenteram dan tak terlepas dari asas LUBER JURDIL (Langsung ,umum bebas rahasia, jujur dan adil).

Dikatakan dia, HaKa juga memastikan mendukung dan mensosialisasikan figur kepala wilayah nan dipilih dan nilai sangat berkompeten, kredibel, berintegritas tinggi dan visioner.

"Sebab wilayah Kalimantan ini mempunyai sumber daya alam nan dapat diupayakan menyerap ketenaga kerjaan nan sangat besar sehingga kesejahteraan dapat terwujud merata," ujarnya.

Kemudian, kata Sumarko, HaKa mengawal dan mendukung pemindahan IKN agar memberikan akibat positif bagi perubahan insfrastruktur dan kesejahteraan masyarakat kalimantan.

Selanjutnya, HaKa dalam upaya meningkatkan stabilitas keamanan wilayah siap berkolaborasi dengan abdi negara Kepolisian dan TNI. 

"Stabilitas keamanan nan dimaksud adalah membantu menekan penyebaran faham-faham radikalisme melalui edukasi, menangkal penyebaran buletin Hoax dan penyadaran generasi muda untuk menguatkan kembali rasa kesatuan dan persatuan bangsa dalam bingkai NKRI sebagai corak bela negara," ujarnya.

Ditambah Sekjen Ormas Harimau Kalimantan Bersatu Fakhruzzaini, setelah dideklarasikan di Banjarmasin, HaKa melebarkan sayap organisasi ke daerah-daerah hingga provinsi tetangga.

"Yang sudah siap dibeberapa kabupaten di Kalsel, di Tabalong, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Barito Kuala," ucapnya.

Untuk di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, kata dia, di Kabupaten Kapuas.

"Dengan Provinsi Kalimantan Barat juga sudah ada komunikasi dengan teman-teman di sana untuk membentuk bagian di sana," ujarnya.





Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di Google News




Ikuti Media Sosial Kami
Affiliate: Life Health / Inforia / Blogkoopedia
close