Trending

Polisi Kanada selidiki laporan soal campur tangan China dalam pemilu - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Ottawa (BERITAJA.COM) - Royal Canadian Mounted Police (RCMP) mengatakan pihaknya sedang menyelidiki laporan media nan mengutip badan intelijen tentang dugaan kombinasi tangan China dalam pemilihan umum.

Kepolisian Kanada itu pada Senin mengatakan penyelidikan tersebut dilakukan untuk mengetahui adanya pelanggaran terhadap Undang-Undang Keamanan informasi.

Media setempat baru-baru ini laporan terperinci, dengan mengutip sumber-sumber intelijen anonim, nan menduga adanya kombinasi tangan Beijing untuk memengaruhi pemilu Kanada pada 2019 dan 2021.

Perdana Menteri Justin Trudeau dan para pejabat keamanan Kanada telah mengakui adanya upaya kombinasi tangan oleh China itu, tetapi mereka bersikeras bahwa hasil pemilu tidak terpengaruh.

Mereka juga tidak mengonfirmasi laporan media tersebut.

China membantah semua tuduhan interferensi itu dan mengatakan tidak berkepentingan mencampuri urusan dalam negeri Kanada.

Juru bicara RCMP Robin Percival mengatakan pihaknya telah membuka investigasi tentang dugaan pelanggaran UU Keamanan Informasi mengenai laporan media belakangan ini.

"Penyelidikan itu tidak difokuskan pada badan keamanan mana pun," kata dia dalam pernyataan.

UU Keamanan Informasi, nan sebelumnya dikenal sebagai UU Rahasia Resmi, mengatur perlindungan terhadap info sensitif pemerintah.

Wakil Menteri Keselamatan Publik Kanada Shawn Tupper mengatakan di depan komite parlemen pekan lampau bahwa RCMP tidak sedang menyelidiki apa pun tentang kombinasi tangan China.

Pernyataan RCMP pada Senin itu menunjukkan penyelidikan mereka hanya konsentrasi pada kebocoran informasi.

Badan intelijen Kanada juga sedang melakukan penyelidikan tentang info rahasia nan bocor ke media, kata direkturnya, David Vigneault, kepada komite parlemen pekan lalu.

Sumber: Reuters
 

:

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close