Trending

Polres Madiun tahan warga negara Bulgaria karena membobol ATM - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Dalam waktu kurang dari 45 menit tersangka AN dapat mengeluarkan duit dari ATM sebesar Rp258 juta

Madiun (BERITAJA.COM) - Petugas Satuan Reskrim Polres Madiun menahan dan menetapkan tersangka terhadap AN (28), penduduk negara Bulgaria lantaran membobol mesin anjungan tunai berdikari (ATM) BCA di Jalan Raya Madiun-Nglames, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jatim.

Kepala Satuan Reskrim Polres Madiun AKP Danang Eko Abrianto mengatakan hasil investigasi kasus tersebut diketahui tersangka dalam waktu 45 menit dapat membobol ATM dan menggasak duit hingga Rp258 juta.

"Dalam waktu kurang dari 45 menit tersangka AN dapat mengeluarkan duit dari ATM sebesar Rp258 juta," ujar Danang saat menggelar pers rilis di Mapolres Madiun, Senin.

Adapun duit ratusan juta itu dikeluarkan dari mesin ATM dengan langkah merusak sistem mesin ATM. Caranya, dengan peretasan sistem tersebut, duit keluar dengan sendirinya.

"Kejahatan ini disebut sebagai jackpotting ATM," katanya.

Berita lain dengan Judul: Keris dan jimat disita dari pembobol ATM
Selama menjalani pemeriksaan, AN membantah pihaknya sebagai pembobol ATM. Kendati demikian, polisi tak memerlukan pengakuan tersangka.

Polisi telah mempunyai beragam perangkat bukti untuk menjerat tersangka. Alat bukti itu berupa keterangan saksi dan peralatan bukti seperti laptop, ponsel, obeng, gunting baja, linggis besi, dan duit tunai Rp23 juta. Tersangka juga membawa tulisan bersuara "Maaf ATM Rusak".

Akibat perbuatannya, tersangka AN dijerat dengan Undang-Undang ITE pasal 46 ayat 3 dan pasal 363 KUHP tentang kasus dugaan pencurian dengan pemberatan. Berdasarkan pasal itu, tersangka diancam balasan pidana penjara maksimal 15 tahun.

Terkait dugaan AN merupakan jaringan sindikat dengan pihak lain, polisi tetap mendalaminya. Untuk itu polisi tetap mengecek isi ponsel dan laptop milik tersangka.

Sebelumnya, AN diamankan petugas Polres Madiun dan Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Madiun atas dugaan hendak membobol salah satu mesin anjungan tunai berdikari (ATM) milik bank swasta di wilayah setempat pada 23 Februari lalu.

Kasat mengatakan AN ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pencurian dengan pemberatan. Tersangka ditahan demi kepentingan penyidikan.
Berita lain dengan Judul: Polisi sukses tangkap sebelas personil golongan pembobol mesin ATM
Berita lain dengan Judul: Belajar dari YouTube petani bedah ATM dekat Komplek Kostrad Jaksel

 

Louis Rika Stevani

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close