Trending

Trenggono: Intervensi pemerintah mampu dongkrak produktivitas nelayan - Beritaja

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
yang namanya modalmampu ditanggulangi alias diintervensi oleh pemerintah maka mereka bakal lebih produktif, lebih fokus

Jakarta (BERITAJA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, proyek percontohan alias modeling dengan metode intervensi yang telah dibangun Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)mampu meningkatkan produktivitas masyarakat perikanan.

Lewat intervensi termasuk subsidi dari pemerintah yang dihadirkan lewat modeling, maka pelaku perikanan dapat konsentrasi meningkatkan produktivitas dan tidak memikirkan sarana prasarana pendukung.

"Dengan intervensi pemerintah, subsidi itu mesti dari pemerintah, agar apa? Supaya produktivitas dia meningkat. Begitu dia sudah meningkat sudah beranjak nih, dia sudah menjadi kuat (produktivitas)," ujar Trenggono di Jakarta, Selasa.

Sementara soal nilai tukar nelayan, secara ideal nilai tukar ini diharapkanmampu mencapai 130-300 sehingga masyarakat nelayan sejahtera.

Dia mengatakan, jika pada praktiknya nelayan tetap saja dibebani dengan moda yang mereka mesti siapkan, maka secara modal pun mereka tidak siap, perihal ini pun berpengaruh pada nilai tukar nelayan.

Sehingga menurutnya, dibutuhkan intervensi pemerintah dengan memberikan support bagi nelayan dari sisi sarana pra sarana dan nelayan dapat konsentrasi pada meningkatkan produktivitas, bukannya turut memikirkan peningkatan moda dan peralatan lain.

Lewat usulan tambahan pagu anggaran TA 2025 sebesar Rp4,47 triliun diharapkan pembangunan di beberapa wilayah dapat dimodali pemerintah. Dengan usulan itu maka pagu sugestif KKP tahun 2025 menjadi Rp10,7 triliun


Editor: Mahfud
Copyright © BERITAJA 2024







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close